SOP Penggunaan Lab untuk Praktikum

PROSEDUR                     :

  1. Umum
  2. Layanan laboratorium diberikan kepada rombongan praktikan dari setiap program studi di bawah binaan dosen Pembina mata kuliah mikroteaching program studinya masing-masing.
  3. Dosen Pembina mata kuliah setiap program studi berkoordinasi dengan ketua laboratorium untuk teknis pelaksanaan rekaman dan tayang ulang, durasi rekaman pembelajaran mikro, serta jadwal pelaksanaan.
  4. Pelaksanaan praktikum dipandu langsung oleh dosen pembina mata kuliah mikroteaching dari program studinya msing-masing, dan dibantu oleh staf laboratorium: 2 orang kameramen dan dan 1 orang editor film.
  5. Dosen Pembina mata kuliah mikroteaching wajib turut menegakkan aturan praktikum yang telah ditetapkan.
  6. Setiap program studi lingkungan FKIP, disediakan fasilitas rekaman dengan durasi 120 menit yang didanai dari dana bahan habis pakai (BHP).
  7. Hasil rekaman pembelajaran micro menjadi milik Fakultas dan dikelola oleh Laboratorium.
  8. Hasil rekaman pembelajaran micro milik fakultas tersebut boleh dimanfaatkan oleh dosen dan Prodi yang bersangkutan.
  9. Hasil rekaman pembelajaran micro hanya dapat dicopy dalam bentuk VCD/DVD pembelajaran dengan memberikan biaya copy sebesar Rp 10.000 untuk 1 keping VCD, dan Rp 25.000 untuk 1 keping DVD.
  10. Rekaman pembelajaran mikro selain yang didanai oleh fakultas (dana BHP), dikenai biaya produksi rekaman sebesar Rp. 150000/30 menit (seratus lima puluh ribu untuk setiap durasi 30 menitnya), VCD/DVD hasil rekaman menjadi milik mahasiswa, dan laboratorium menyimpan copy-nya sebagai arsip.

 2. Layanan laboratorium untuk praktikum

 a) Pengguna dari internal fakultas.

Layanan praktikum di laboratorium Mikroteaching meliputi seluruh program studi di seluruh jurusan di lingkungan FKIP Universitas Lampung. Prosedur penggunaannya adalah sebagi berikut:

  1. Dosen penanggung jawab mata kuliah Mikroteching melakukan koordinasi dengan   kepala laboratorium Mikroteaching untuk pelaksanaan praktikum.
  2. Kepala laboratorium Mikroteaching menyampaikan peraturan dan persyaratan kepada   dosen penanggungjawab mata kuliah Mikroteaching, dan dosen meneruskan kepada   mahasiswa praktikannya.
  3. Kepala laboratorium memberi tugas kepada 2 orang kameramen dan 1 orang Editor   film, untuk memberikan layanan rekaman dan tayang ulang.
  4. Layanan yang diberikan oleh kameramen dan editor film termasuk memproduksi   VCD/DVD hasil rekaman praktik pembelajaran Mikro.
  5. Kepala laboratorium menyampaikan laporan kepada ketua jurusan setelah akhir   semester berupa laporan kegiatan dan hasil produksi rekaman dan tayang ulang   pembelajaran Mikro.

 b) Pengguna dari Perguruan Tinggi luar Unila

  1. Pengguna dari Perguruan Tinggi luar Unila mengajukan permohonan pemakaian laboratorium Mikroteaching kepada Dekan FKIP.
  2. Dekan FKIP merekomendasikan permohonan tersebut kepada Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP. Selanjutnya ketua jurusan menugaskan kepala laboratorium Mikroteaching untuk melakukan koordinasi dengan pengguna.
  3. Kepala laboratorium Mikroteaching menyampaikan peraturan dan persyaratan yang berlaku kepada pengguna.
  4. Kepala laboratorium memberi tugas kepada 2 orang kameramen, orang editor film dan 1 orang petugas kebersihan sesuai dengan permohonan.

Kepala laboratorium menyampaikan laporan kepada ketua jurusan setelah akhir semester untuk seluruh layanan dari pengguna luar Universitas Lampung.