SOP Penggunaan Lab untuk Penelitian

PROSUDER

  1. Umum
  1. Layanan laboratorium diberikan kepada rombongan praktikan dari setiap program studi di bawah binaan dosen Pembina mata kuliah mikroteaching program studinya masing-masing.
  2. Dosen Pembina mata kuliah setiap program studi berkoordinasi dengan ketua laboratorium untuk teknis pelaksanaan rekaman dan tayang ulang, durasi rekaman pembelajaran mikro, serta jadwal pelaksanaan.
  3. Pelaksanaan praktikum dipandu langsung oleh dosen pembina mata kuliah mikroteaching dari program studinya msing-masing, dan dibantu oleh staf laboratorium: 2 orang kameramen dan dan 1 orang editor film.
  4. Dosen Pembina mata kuliah mikroteaching wajib turut menegakkan aturan praktikum yang telah ditetapkan.
  5. Setiap program studi lingkungan FKIP, disediakan fasilitas rekaman dengan durasi 120 menit yang didanai dari dana bahan habis pakai (BHP).
  6. Hasil rekaman pembelajaran micro menjadi milik Fakultas dan dikelola oleh Laboratorium.
  7. Hasil rekaman pembelajaran micro milik fakultas tersebut boleh dimanfaatkan oleh dosen dan Prodi yang bersangkutan.
  8. Hasil rekaman pembelajaran micro hanya dapat dicopy dalam bentuk VCD/DVD pembelajaran dengan memberikan biaya copy sebesar Rp 10.000 untuk 1 keping VCD, dan Rp 25.000 untuk 1 keping DVD.
  9. Rekaman pembelajaran mikro selain yang didanai oleh fakultas (dana BHP), dikenai biaya produksi rekaman sebesar Rp. 150000/30 menit (seratus lima puluh ribu untuk setiap durasi 30 menitnya), VCD/DVD hasil rekaman menjadi milik mahasiswa, dan laboratorium menyimpan copy-nya sebagai arsip.
  1. Layanan laboratorium untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  1. Layanan laboratorium untuk penelitian dan pengabdian masyarakat berupa objek rekaman audio visual dan penayangan hasil rekaman audio visual dari suatu bentuk praktik pembelajaran, atau segala sesuatu yang terkait dengan praktik pembelajaran.
  2. Para pengguna layanan mengajukan permohonan kepada kepala laboratorium diketahui ketua jurusan, dan yang bersangkutan harus menyerahkan usul penelitian/pengabdiannya kepada kepala laboratorium.
  3. Pengguna dapat meminjam/menggunakan sistem peralatan untuk perekaman audio visual (termasuk operator: kameramen dan editor film), dengan mendapat persetujuan dari kepala laboratorium.
  4. Pengguna harus mernyediakan bahan habis pakai sendiri (kaset film dan CD/DVD kosong, dan pelengkap produksi lainnya).
  5. Pengguna memberitahukan kepada kepala laboratorium untuk pekerjaan yang membutuhkan waktu diluar jam kerja.
  6. Pengguna yang memerlukan bantuan operator (kameramen dan editor film) dan petugas kebersihan selama jam kerja untuk melaksanakan penelitiannya, maka pengguna tersebut meminta izin kepada kepala laboratorium. Apabila keperluan tersebut di luar jam kerja, pengguna tersebut harus membayar jasa (dianggap lembur).
  7. Pengguna yang mendapat sumber dana harus membayar jasa pelayanan laboratorium kepada kepala laboratorium sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  8. Pengguna yang membawa peralatan, komputer, dan yang sejenis yang berkaitan dengan penelitiannya di laboratorium meminta izin tertulis kepada ketua jurusan/kepala laboratorium.
  1. Layanan laboratorium untuk jasa produksi
  1. Jasa poroduksi yang dimaksud adalah jasa atas produksi: Kaset Film (Hi-8, MiniDV), VCD, DVD, yang memuat Film pembelajaran atau software pembelajaran. VCD/DVD pembelajaran yang dapat diproduksi, baik yang dioperasikan menggunakan player VCD/DVD ataupun software program pembelajaran berbantuan komputer (PBK).
  2. Pengguna mengajukan permohonan kepada kepala laboratorium.
  3. Kepala laboratorium menunjuk operator (kameramen dan editor film) dan petugas lainnya untuk memberikan layanan yang dimaksud.
  4. Pengguna jasa membayar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.